Berikut adalah contekan dari SitusOtomotif.Com tentang komponen mesin yang kerap menjadi penyebab mesin mobil bergetar tidak normal: distributor, koil, busi, sistem injeksi atau karburator (salah satu), dan setelan idle katup karburator.
Pendeteksian komponen rusak harus diawali dengan pengetahuan akan fungsi komponen tersebut. Berikut fungsi masing-masing komponen dan indikasi kerusakannya:
1. Distributor
Komponen ini berfungsi menyuplai tenaga hasil pengapian ke semua komponen penggerak di rangkaian mesin. Bila pendisribusian tenaga terganggu otomatis mesin bekerja dengan tidak baik.
2. Koil
Koil berfungsi untuk membangkitkan energi listrik. Sehingga bila rusak, maka proses pengapian juga tidak akan terjadi. Hal serupa juga terjadi pada busi, yang berfungsi untuk memantik proses pengapian.
3. Busi
Busi yang aus akan terlihat dari bentuk kepalanya yang sudah rusak atau bisa juga renggang. Bila anda menemukan salah satu busi bermasalah anda wajib mengganti satu set (seluruh busi mesin anda) karena biasanya kondisi busi lainnya tidak jauh berbeda.
4. Sistem injeksi (Khusus mobil bersistem injeksi, bukan karburator) Sistem injeksi ini adalah sistem distribusi bahan bakar yang mengalirkan bahan bakar kedalam silinder mesin.
Sebenarnya komponen ini jarang rusak namun sering kali menimbulkan gejala bila kotor/tersumbat. Indikasi injector (sistem injeksi) tersumbat yaitu mesin akan bergetar kasar yang tiba-tiba muncul dan segera hilang kala gas diinjak dalam-dalam dan putaran mesin tinggi.
Coba lakukan langkah berikut:
- Nyalakan mesin dan masukan gigi pada posisi netral
- Injak pedal gas dalam-dalam secara tiba-tiba (seperti mau ngebut)- Bila mesin terasa terbatuk; bahasa sehari-harinya "nge-brebet" kemungkinan besar injector anda kotor.
Solusinya adalah dengan melakukan Injector Cleaning. Ada beberapa metode diantaranya Ulrasonic dan Interject Service. Injector Cleaning sebaiknya dilakukan setiap 40.000 km untuk menjaga sistem ini selalu prima.
Sebagai catatan, bensin Premium lebih kotor dibandingkan Pertamax dan Pertamax+ sehingga otomatis mobil yang menggunakan bensin Premium Injectornya cenderung lebih cepat kotor.
5. Karburator
Secara fungsi sama dengan injektor yaitu memasok bensin ke silinder namun karburator bekerja secara mekanis manual sedangkan injektor yang sudah elektronik.
Setelan katup Karburator
Ini bukan komponen, hanya settingan saja. Bila setelan idle katup terlalu tinggi katup karburator tak menutup sempurna, dan menyebabkan supply bahan bakar ke silinder terlalu banyak (membanjir).
Related Post:
Otomotif
- Mobil Honda CR-V 2013, Spesifikasi dan kecanggihan
- Skoda Octavia 90 TSI DSG Wagon features and Review
- Excellence Holden Barina Spark Features and Pricing Sale In Australia
- Runner up MotoGP 2010
- Hyundai ix20 official price for the UK market
- Sepeda Motor Terbaru di Jakarta Motorcycle Show 2010
- Jakarta Motorcycle Show 2010
- Keunggulan motor Honda CBR 250R
- Peugeot RCZ Asphalt Special Edition
- Mobil Pengendali Otomatis dari Google
- Desain Mobil BMW M3 Tahun 2050
- Hasil kualifikasi Motogp Sirkuit Motegi Lorenzo Tetap Pede Menang
- Harga Yamaha Scorpio-Z Terbaru Naik Rp 1,5 Juta
- Keunggulan Motor Minerva 150R
- Cara Modifikasi motor yamaha mio sporty
- news Indonesia Car Price Guide
- Fitur TVS Neo X3i Cash handphone,Radio fm, MP3 Player Cash handphone,Radio fm, MP3 Player
- Angka Penjualan Mobil Nasional semester pertama 2010
- Toyota Camry Build Assembly Plant in Malaysia
- Honda Revo AT Automatic technology review
- Melihat Kecanggihan Honda Revo Matic
- Replacement Seat Vibrating Alarm Warning
- Avia 750 Mk III 1956 Mobil Balap dengan Aluminium dan Magnesium Alloy
- Subaru Outback model 2011 dengan fitur Koneksi Wi-Fi Hot Spot
- Spesifikasi dan Harga Yamaha skuter listrik EC-03
Tidak ada komentar:
Posting Komentar