Rabu, 27 Oktober 2010

Keunggulan motor Honda CBR 250R

Pakar Iklan Keunggulan motor Honda CBR 250R Sfesifikasi dan Harga Honda CBR 250R baru saja dibuka selubungnya, dan ternyata motor ini merupakan motor berkapasitas 250 cc pertama yang sudah mengaplikasi teknologi Combinated ABS. Biasanya teknologi ini digunakan pada motor-motor sport dengan kapasitas mesin besar. Dengan fitur Combinated ABS ini Honda pun mengklaim motornya itu jadi lebih stabil ketika direm meski dalam situasi mendadak.

Apalagi teknologi Combinated ABS ini juga masih ditambah dengan teknologi pengereman lain yakni Combinated Brake System (CBS) yang bekerja mendistribusikan tekanan rem ke roda depan dan belakang sekaligus. Dengan kedua teknologi ini, insiden motor slip ketika mengerem pun dapat dimininalisasi sehingga keamanan lebih terjamin.

sedikit gambaran tentang mesin baru Honda CBR250RR yang memang benar-benar baru. Mesinnya bukan seperti versi CBR250 yang pernah muncul dari tahun 1987 hingga 1999. Kala itu mesinnya fantastis, 4 silinder segaris dengan output power lebih dari 40dk. Tapi yang ini cukup satu silinder. Mesin satu silinder punya beberapa keunggulan ketimbang banyak silinder, paling utama adalah soal kemudahan perawatan dan kemudahan setting buat yang suka ngoprek.

Berarti benar dong kalau mesin yang akan dipakai basisnya dari motor trail Honda CRF250 ? Ups, siapa bilang, menurut si narasumber tadi mesin ini benar-benar baru dan berbeda karakter dengan CFR250. Kalau CRF250 berkarakter over stroke (stroke lebih panjang dari diameter piston) untuk mengejar torsi dan akselerasi di putaran bawah, sedang mesin baru CBR250R punya stang piston lebih pendek dari diameter piston (over square).

mesin dengan karakter seperti ini punya karakter mudah mengail putaran mesin tinggi yang berguna untuk memperoleh kecepatan tinggi. Setidaknya dengan karakter seperti ini, Honda CBR250R yang bisa dipastikan akan menjejalkan teknoogi DOHC, 4 klep dan pendingin air ini bisa bersaing dengan mesin Ninja 250R yang punya dua silinder.

Power maksimum mesin baru ini pun konon berkisar diangka 33bhp (diukur pada mesin), selisih sedikit bila dibandingkan dengan Ninja 250R yang hanya 31 hp (diukur pada roda). Selain itu Honda CBR250R juga diunggulkan urusan bobot yang lebih ringan. Motor sport yang akan menjadi produk global Honda ini lebih ringan 16 kilogram dibandingkan Ninja 250R, artinya secara power to weight ratio-nya lebih unggul.

Dari segi disain, motor berkode Honda MC41 ini memiliki tampilan sporty dan agresif dengan disain headlamp yang tajam. Sementara untuk dimensinya, motor yang memiliki berat 161-165 kg ini lahir dengan dimensi 2,035x0,720x1,125 meter (PxLxT) dan wheelbase 1,370 serta graund clearance 0,145 meter.

Untuk dapur pacunya CBR 250R dibekali mesin CS250RE, liquid cooled, 4 tak DOHC dan single silinder yang memiliki kapasitas bersih 249 cc serta boreXstroke 76x55 dan rasio kompresi 10,7. Mesin tersebut bersanding dengan sistem injeksi khas Honda, programmed fuel injection system (PGM-FI) yang membuatnya ramah lingkungan dengan standar emisi Euro3.

Motor yang memiliki transmisi 6 percepatan ini dilepas dengan tiga pilihan warna yakni Candy ruby red, sword silver metalillic dan asteroid black metallic serta dijual dengan harga 100 ribu bath (Rp 30 jutaan) untuk CBR 250R standar dan 120 ribu bath (Rp 35 jutaan) untuk CBR 250R ber-ABS..

Related Post:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar