Selasa, 20 April 2010

Smart Install teknologi plug-and-play

Pakar Iklan Smart Install teknologi plug-and-play ; Sering bete kalau mau ngeprint di komputer atau laptop baru? Hmmm... belum lagi kalau CD driver kita hilang, bakal semakin jengkel deh jadinya. Ah, kan bisa download driver dari internet, tinggal masukkan nama printer di mesin pencari, keluar deh alterntif untuk download atau mengunduh driver. Tapi, syaratnya harus punya koneksi internet bagus dan butuh usaha lebih, plus makan waktu tentunya.

Ternyata, teknologi install driver printer itu terbilang ketinggalan dibanding dengan teknologi di beberapa barang gadget kita yang sudah plug-and-play, langsung ditancapkan ke komputer atau laptop langsung bisa digunakan gadget itu tanpa menginstall driver secara manual dari CD driver.

Nah, keluhan terhadap lambatnya teknologi instalasi driver itu kini dijawab oleh Hewlett-Packard atau HP, produsen printer ternama dari AS. Pada Rabu (21/4/2010) ini, di Beijing, China, HP meluncurkan teknologi baru bernama Smart Install.

Smart Install ini mirip teknologi plug-and-play tadi, atau dalam konteks printer namanya plug-and-print. Dalam demonstrasi yang digelar di Beijing, begitu kabel USB printer ditancapkan ke laptop, maka secara instan laptop merespons dengan menampilkan jendela dialog berisi tahap-tahapan instalasi yang harus dilakukan. Tinggal klik beberapa kali, maka proses instalasi dilakukan. Sangat sederhana dan hanya memakan waktu sekitar dua menit.

Senior Vice President Imaging and Printing Group HP Asia Pacific & Japan John Solomon mengklaim teknologi ini adalah yang pertama diterapkan di industri printer. Kunci dari sistem plug-and-print ini adalah memanfaatkan fungsi autorun atau menjalankan program secara otomatis di komputer.

Driver bawaan sudah ditanamkan di tiap perangkat printer. Saat ini memang hanya beberapa printer baru saja yang memiliki fitur Smart Install, dan direncanakan printer-printer baru akan memiliki fitur ini. Sayangnya, plug-and-print ini hanya bisa dilakukan di komputer dengan sistem operasi Windows. Untuk sistem operasi lain, tetap harus menggunakan CD driver yang disertakan di printer.

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar